Pembuatan Arang Sekam

Salam sejahtera kawan-kawan ketemu lagi dengan kang eko disini, disela-sela kesibukan, saya sempatkan nulis pengalaman saat membuat arang sekam, membuatnya mudah ga harus sulit, lumayan kan daripada beli..iya kan, banyak banget deh keuntunganya dan pula banyak sekam yang tersedia disekitar rumah kita, daripada sebagai limbah kita manfaatkan aja…setujuuuu. Oh iya kalo beli harganya murah deh, dan aku malah disuruh ga bayar silahkan ambil aja…makasih ya…dijamin murah deh ga bikin kantong kosong. Arang sekam dibuat dari pembakaran tak sempurna atau pembakaran parsial sekam padi. Bahan baku arang sekam bisa didapatkan dengan mudah di tempat-tempat penggilingan beras.  Bahkan di beberapa tempat, sekam padi dianggap sebagai limbah. Sebanyak 20-30% dari proses penggilingan padi akan dibuang dalam bentuk sekam padi

Manfaat arang sekam

Di dalam tanah, arang sekam bekerja dengan cara memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi tanah. Arang sekam bisa meningkatkan porositas tanah sehingga tanah menjadi gembur sekaligus juga meningkatkan kemampuan tanah menyerap air.
Secara biologis, tanah yang gembur merupakan media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya organisme hidup. Baik yang berupa mikroorganisme seperti bakteri akar maupun makroorganisme seperti cacing tanah.
Kelebihan lainnya, arang sekam tidak membawa mikroorganisme patogen. Karena proses pembuatannya yang melalui pembakaran sehingga relatif steril.
Secara kimia, arang sekam memiliki kandungan unsur hara penting seperti Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg). Keasamannya netral sampai alkalis dengan kisaran pH 6,5 sampai 7.
Arang dari sekam padi tidak mengandung garam-garam yang merugikan tanaman. Arang sekam kaya akan kandungan karbon, dimana unsur karbon sangat diperlukan dalam membuat kompos.
Dari beberapa penelitian diketahui juga kemampuan arang sekam sebagai absorban yang bisa menekan jumlah mikroba patogen dan logam berbahaya dalam pembuatan kompos sehingga kompos yang dihasilkan bebas dari penyakit dan zat kimia berbahaya.
Diperkotaan, arang sekam banyak dibutuhkan untuk media tanam tanaman hias. Kelebihan media ini adalah bobotnya yang ringan dan mudah dibersihkan dari akar tanaman. Sifat seperti ini dibutuhkan untuk tanaman – tanaman yang akan di distribusikan.
Baca Juga : Dapatkan aneka benih dengan harga murah seribuan tiap bungkusnya, wujudkan impian anda untuk membuat kebun yangditumbuhi aneka ragam sayuran dengan harga yang sangat ekonomis

      Cara pembuatan arang sekam
Silahkan disimak ya pengalaman saya kemarin waktu buat sekam bakar alhamdulilah hasil sempurna ga jadi abu, tapi sebelumnya kita siapkan dulu ya peralatanya 
           1.       Alat dan bahan
a.       Kawat kasa
Kawat kasa disini berfungsi sebagai cerobong asap, kenapa saya pilih kawat kasa karena selain mudah didapat harganya juga murah dan tidak harus repot-repot membuat lubang untung fentilasi
b.      Skop
Skop digunakan untuk membolak-balik sekam agar pembakaran sempurna, coba bayangkan kalo pake tangan..wkkkk
c.       Karung
Karung disini digunakan untuk menyimpan arang sekam baik yang sudah jadi atau belum jadi
d.      Kertas bekas
Kertas bekas digunakan untuk awal pembakaran, bisa pake keras bekas atau kardus ya, tapi yang bekas ..
e.      Sekam padi
Namanya saja membuat sekam bakar ya pasti bahan utamanya sekam padi…coba kalo diganti serbuk kayu apa namanya masih sekam bakar..wk..wkk
f.        Komboran
Alat ini berguna banget digunakan untuk menyiram sekam bakar setelah proses selesai
g.       Air
Untuk mengakhiri pembakaran
                          Baca juga : Cara praktis membuat pupuk bokhasi
h.      Motor
Ini menurutku sangat berguna banget, biarpun butut tapi…banyak kenanganya
Motoi ini digunakan untuk membawa sekam dari penggilingan padi, coba deh kalo di panggul sendiri….wkkk

                                    Cara pembuatan
                  a.       Pembuatan cerobong asap 

Cerobong asap dibuat dengan menggunakan kawat kasa, gulunglah kawat kasa sekitar 4 inc, kemudian ikat menggunakan kawat biar gulungan tidak lepas
b.      Proses pembakaran arang sekam
Pembakaran sebaiknya di tempat yang jauh dari rumah karena asap yang timbulkan banyak, jadi coba bayangkan kalo disamping rumah deket jemuran pakaian..akibat bisa rasakan sendiri..he..he dan juga cari tempat yang datary a biar mudah
Buat gundukan/tumpukan sekam mengelilingi pipa pembakaran tadi dimana pipa tersebut tepat berdiri tegak dan berada di tengah – tengah gundukan sekam seperti terlihat pada gambar di bawah ini
Masukan kertas bekas atau kardus kemudian nyalakan, kertas akan menyala, masukan terus kertas sampai dipastikan api telah membakar sekam yang ada dideket cerobong asap dengan ditandai keluar asap yang tebal walaupun kertas sudah terbakar habis dan api tidak menyala di tengah cerobong, Kondisi aman apabila cerobong asap terus mengeluarkan asap.
Setelah kurang lebih 1 jam  sudah mulai terbakar ke tepian ditandai dengan warna hitam pada gundukan. Tempatkan sekam yang belum terbakar ke atas sekam yang sudah terbakar, ulangi terus sampi sekam terbakar semuanya.
Setelah terbakar semua segera siram sekam dengan komboran, dan jangan lupa sekam bakar akan mudah menyimpam air,  jadi pastikan pada saat penyiraman sekam dibolak-balik menggunakan skop. Jangan sampai telat kalo telat sekam bisa menjadi abu. Dinginkan sekam setelah dingin sekam bisa ditaruh dikarung dan siap digunakan.

Itulah sobat tutorial budidaya selada. share artikel ini apabila bermanfaat ya dan like fans page kami kebun rumahan untuk mendapatkan artikel yang menarik, gabung digroup facebook kami komunitas kebun rumahan untuk belajar berkebun.

Sumber : Pengalaman pribadi

untuk melihat videonya bisa dilihat disini ya..

5 Responses to Pembuatan Arang Sekam

  1. Xavier Givliani berkata:

    I reckon something truly special in this site.

  2. Dudley Lacoste berkata:

    Appreciate it for helping out, good info .

  3. This is perfect for myfollowers on Facebook-shared!

  4. Brandi Hadden berkata:

    I like this website its a master peace ! .

  5. Carrie berkata:

    Your site has exceptional web content. I bookmarked the website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.