Pupuk Organik Kulit Pisang

Salam hijau sobat semua di seluruh nusantara, bagaimana kabarnya nih, mudah-mudahan baik ya. Kali ini saya akan membahas mengenai pisang, tentunya suka semua kan sama buah yang satu ini. Pisang sangat digemari di masyarakat kita yang hidup diindonesia. Pisang merupakan buah yang kaya manfaat dan buahnya banyak kita temukan disekitar kita. Salah satu limbah pisang yang bisa kita manfaatkan adalah kulit pisang, kulit pisang yang merupakan limbah ternyata bisa kita olah menjadi pupuk Organik kulit pisang. selain penghasil enzim Xylanase, kulit pisang ternyata merupakan bahan organic yang banyak mengandung unsure kimia seperti magnesium, sodium, fosfor, sulfur yangdapat dimanfaatkan sebagai pupuk organic. Kita dapat membuat pupuk organik dalambentuk padat dan dalam bentuk cair.

limbah kulit pisang

Berikut ini akan saya uraikan cara membuat pupuk organik kulit pisang dalam bentuk padat dan cair

Bentuk Padat

Bahan-bahan untuk membuat pupuk organik kulit pisang padat adalah sebagai berikut

  1. Kulit pisang
  2. Dedak atau bekatul
  3. 250 gram gula pasir
  4. EM4 4 sebanyak 4 tutup botol

Pembuatan pupuk organik kulit pisang dalam bentuk padat adalah sebagai berikut:

  1. Kulit pisang dipotong kecil-kecil atau dicacah menjadi kecil-kecil kenudian dibasahi
  2. Kulit pisang yang telah dipotong dicampurkan dengan dedak atau bekatul dengan perbandingan 20 :1
  3. Gula pasir dicairkan dengan air sebanyak satu liter, kemudian campurkan empat tutup botol EM-4 ke dalam larutan tersebut dan kemudian diatur hingga merata.
  4. Larutan campuran guladan bakteri disiramkan ke kulit pisang dan dedak atau bekatul, aduk hingga rata kemudian digundukan  atau ditumpuk hingga ketinggian 15-20 cm dan ditutup rapat
  5. Dalam waktu 4-7 hari pupuk organik berbahan kulit pisang sudah siapdigunakan

Bentuk Cair

Cara pembuatan pupuk organik kulit pisang dalam bentuk cair adalah sebagai berikut :

  1. Kulit pisang diblender atau ditumbuk hingga membentuk cairan. Setiap 10 Kg kulit pisang dicampur dengan 10 liter air
  2. Cairan kulit pisang tersebut dicampur dengan larutan gula dan EM-4, untuk komposisi campuranya sama seperti pada pembuatan pupuk organic padat.
  3. Larutan tersebut direndam selama 3-4 hari, setelah 3-4 hari pupuk organic cair siap digunakan. Setiap satu liter pupuk organic kulit pisang dilarutkan dalam 10 liter air.

Cabai di tanam di pot

Sekarang sobat dah tau kan betapa besarnya manfaat  kulit pisang untuk pembuatan pupuk organik kulit pisang, selamat mencoba dan share artikel ini apabila bermanfaat ya sobat