Semai Benih Menggunakan Rockwool

Haloo kawan-kawan bagaimana kabar nih, yuk kita belajar sama-sama lagi, kali ini kita akan belajar menyemai benih sayuran dengan benar menggunakan media Rockwool, penyemaian adalah suatu proses awal yang paling penting dalam dalam berkebun, apabila salah dalam penyemaian bisa jadi benih tidak tumbuh atau juga tumbuh dan kurang sempurna. Untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas dan bagus diperlukan bibit yang bagus juga yang salah satunya dari hasil penyemaian yang berhasil.

Baca Juga : Benih Ekonomis harga seribuan cocok untuk kita yang berkebun skala rumahan.

Sebelum menanam dengan metode Aquaponic maupun hidroponik, beberapa jenis tanaman sayur maupun buah harus disemai terlebih dahulu. Menyemai benih dapat dilakukan pada berbagai macam media tanam seperti tanah halus, pasir, sekam, Rockwool dan sebagainya. Salah satu media yang cocok digunakan dalam sistem tanam Aquaponik dan hidroponik adalah Rockwool.

Rockwool

Apa itu Rockwool?

Rockwool adalah salah satu media tanam yang biasa digunakan dalam sistem tanam Aquaponic atau hidroponik. Rockwool pertama kali diciptakanpadatahun 1840 di negaraInggrisolehEdward Parry. Media tanam indibuat dari batuan Basal yang dipanaskan dengan suhu tinggi hingga 1600 derajat Celsius. Batuan yang dipanaskan tersebut akan menghasilkan serat yang selanjutnya dibentuk kubus atau balok. Rockwool memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis media tanam lain. Keunggulan rockwool antara lain

  1. Memiliki pori-pori yang dapat menyimpan air lebih baik dari media tanam lain bahkan Rockwool mampu menyimpan air 14 kali lebih baik dibandingkan tanah.
  2. Media tanam Rockwool memiliki tingkat sterilitas yang tinggi dimana bakteri tidak dapat tinggal di dalamnya. Karena steril, rockwool tidak perlu disterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan.
  3. Selain itu keuntungan menggunakan media tanam Rockwool lainnya adalah saat penyemaian. Menyemai benih tanaman dengan menggunakan rockwool relatif lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan media lainnya.
  4. Rockwool dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Selain itu menyemai benih dengan menggunakan rockwool lebih hemat karena tidak diperlukan desinfektan untuk membersihkannya dari pathogen atau bibit penyakit.

Baca Juga : Mengenal Rockwool dan harganya, yang mau belanja Rockwol disini juga bisa

Cara Menyemai Dengan Media Rockwool

Sebelum kita menyemai menggunakan media Rockwool maka kita wajib mempersiapkan alat dan bahan terlebih dahulu, agar penyemaian berjalan dengan lancar

Alat dan bahan yang kita perlukan yaitu

  1. Nampan
  2. Rockwool secukupnya
  3. Spyayer
  4. Cutter atau pisau

Langkah penyemaian

1.Siapkan Rockwool
2.Potong Rockwol sekitar 2 cm sehingga membentuk lembaran


3.Potong-potong menjadi persegi empat dengan tipis ukuran sekitar 2,5 cm, ini digunakan antara lain sebagai garis pemisah nantinya untuk titik peletakan benih biar jarak antar semaian rapi, garis potongan ini juga mempermudah kita pada saat memotog rokwol kalo semaian sudah siap tanam.

 

4.Beri lubang pada rokwol pada tiap bagian segi empat tadi, lubang ini secukupnya saja bisa menggunakan lidi atau yang lain, lubang ini berfungi untuk penempatan benih agar tidak mudah tergeser dan pada saat mulai berkecambah akar bisa lengsung masuk kemedia tanam.

5. Taruh Rockwol pada nampan

6. Taruh biji pada lubang Rockwool, untuk biji sawi-sawian, tomat, cabai, terong satu lubang di isi satu biji, untuk selada boleh satu atau dua biji dedangkan kangkung bisa empat biji.

7. Semprotkan air menggunakan sprayer pada Rockwool sampai Rockwool basah atau lembab tetapi tidak tergenang.

8. Masukan rockwol kedalam plastic kresek hitam dan simpan, setiap hari kelembaban media di cek jangan sampai media kering, kalo kering segera semprot dengan sprayer

9. Apabila benih sudah pecah dan keluar ekor segera keluarkan dan di perkenalkan dengan sinar matahari, paling baik adalah sinar matahari pagi dari pagi sampai sekitar jam sebelas

10. Pada saat berkecambah asupan nutrisi berasal dari biji itu sendiri jadi kita tinggal menambahkan air saja, penambahan larutan Nutrisi AB MIX juga bisa ditambahkan tetapi dengan PPM yang rendah.

Baca juga : Mengenal Nutrisi Hidroponik AB MIX

11. Benih sudah bisa dipindah dimedia semai setelah muncul daun sejati, sebaiknya pemindahan benih dilakukan sore hari dengan hati-hati agar akar tidak rusak

Selamat mencoba kawan-kawan semoga berhasil, apabila ada artikel yang kurang jelas bisa ditanyakan ya dengan menulis  pertanyaan pada kolom komentar, bagikan artikel ini apabila artikel ini bermanfaat