Beranda » Artikel Blog » Manfaat Buah Alpokat

Manfaat Buah Alpokat

Diposting pada 26 April 2020 oleh Eko Waluyo | Dilihat: 442 kali | Kategori:

Buah Alpokat selain enak dikonsumsi sebagai jus dan kaya akan vitamin ternyata sangat bagus untuk kesehatan, berdasarkan buku yang say abaca dengan judul khasiat tanaman obat herbal, penulis Aditiya bagus Pratama dan Firzatullah Dwiko ramadhan, penerbit pustaka media dijelaskan bahwa buah alpokat sangat berguna bagi kesehatan.

Baca juga : Jual Benih EkonomisHarga Seribuan

Alpukat pohon buah dari Amerika Tengah ini tumbuh liar di hutan-hutan. Banyak juga ditanam di kebun dan di pekarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur serta tidak tergenang air, walau dapat berbuah di daratan renda, tapi hasil akan lebih memuaskan bila ditanam pada ketinggian 200 – 1000 m dpl, di daerah tropik dan subtropik yang banyak curah hujannya. Buahnya berbentuk bola atau bulat telur panjang 5 – 20 cm, warnanya hijau atau hijau kekuningan berbintik-bintik Ungu atau ungu sama sekali, berbiji satu, daging buah Jika sudah masak lunak, warnanya hijau kekuningan ,biji bulat diameter 2,5 – 5 cm keping biji putih kemerahan. Buah alpokat yang masak Daging buahnya lunak, berlemak, biasanya dimakan sebagai es campur atau jus, minyaknya untuk keperluan kosmetik. Perbanyakan dengan biji ataupun dengan cara okulasi.

Baca Juga : Jual Pupuk NPK lengkappak tani 16-16-16, hasil panen memuaskan.

Nama lain :
Apuket, Alpuket, jambu wolanda (sunda), apokat, avokat, plokat (Jawa), Apokat, Alpukat Avokat, advokat (Sumatera)

Baca juga : Cara Mudah Membuat SendiriPupuk Organik Bokashi

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Sariawan, melembabkan kulit yang kering, kencing batu, sakit kepala, darah tinggi (hipertensi) nyeri saraf (neuralgia), nyeri lambung, saluran nafas membengkak (bronchial swell-ings), sakit gigi, kencing manis diabetes mellitus), menstruasi tidak teratur .

Baca Juga : Jual Polibag Dengan HargaEkonomis

Pemanfaatan:
Daging buah, daun, biji.

Daging buah:
Sariawan, melembabkan kulit kering

Daun:
kencing batu, darah tinggi sakit kepala, nyeri saraf dan nyeri lambung, saluran nafas membengkak (bronchial swellings), menstruasi tidak teratur.

Biji:
sakit gigi, kencing manis.

Pemakaian:
untuk minum: 3 – 6 lembar daun.
pemakaian luar: daging buah secukupnya dilumatkan, dipakai untuk masker. Daun untuk pemakaian setempat, biji digiling halus untuk menghilangkan sakit.

Cara pemakaian:
Bengkak karena peradangan
Bubuk dari biji secukupnya ditambah dengan sedikit air, sampai menjadi adonan seperti bubur balurkan ke bagian tubuh yang sakit

Darah tinggi
3 lembar daun alpokat dicuci bersih lalu disebut dengan 1 gelas air panas setelah dingin diminum sekaligus

kencing manis
Biji alpokat dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan golok. kemudian direbus dengan air bersih sampai air berwarna coklat. saring air rebusan tersebut setelah dingin lalu diminum.

kulit muka kering
Buah diambil isinya lalu dilumatkan sampai seperti bubur. Dipakai untuk masker dengan cara memoles muka yang kering. setelah lapisan masker alpukat tersebut mongering, muka dibasuh dengan air bersih

Sariawan
sebuah isi alpukat yang sudah masak di beri 2 sendok makan madu murni. Aduk merata lalu dimakan, lakukan setiap hari sampai sembuh.

Komposisi:
Sifat kimiawi dan efek farmakologis:
Daun: Rasa pahit, Kelat, peluruh kencing.
Biji: Anti radang, menghilangkan rasa sakit.

kandungan kimia:
Buah dan daun mengandung saponin, alkaloida, dan flavonoida. buah juga mengandung tanin dan daun mengandung polifenol quersetin, gula alkohol Persit.

Itulah sobat tutorial manfaat buah Alpokat. share artikel ini apabila bermanfaat  dan like Fans Page kami kebun rumahan untuk mendapatkan artikel yang menarik, gabung digroup facebook kami komunitas kebun rumahan  dan kunjungi website kami www.kebunrumahan.com untuk belajar berkebun. Konsultasi dan pemesanan benih bisa chat lewat Telp/SMS/WA di No :085227776602

Referensi :
khasiat tanaman obat herbal, penulis Aditiya bagus Pratama dan Firzatullah Dwiko ramadhan, penerbit pustaka media

Bagikan

Manfaat Buah Alpokat | KEBUN RUMAHAN

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat Toko

Kebun Rumahan
Selandaka RT 05/ RW 02, Kecamatan Sumpiuh, Kab Banyumas, Jawa Tengah

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB Hari minggu dan tanggal merah libur

 

Reseller

Untuk reseller online yang mau mencari supplier benih murah, disinilah tempat yang cocok, harga sudah murah dan berkualitas, dan sangat lengkap, anda tidak perlu repot-repot browsing online di website lain, cukup disini saja

Tentang kebun rumahan

kebun rumahan adalah toko online yang menyediakan aneka benih dan peralatan pertanin

Chat via Whatsapp
Admin Kebun Rumahan
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin Kebun Rumahan
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja